PSIKOLOGI UMUM - MEMORI

Thursday 6 June 2013

MEMORI
Definisi dan Pengantar Teori Memori
Memori adalah kemampuan untuk menyimpan informasi dari waktu ke waktu melalui tiga proses: encoding (membentuk), menyimpan, dan mengambil.
  •     Encoding  : Sebuah proses saat informasi masuk ke dalam penyimpanan ingatan.
  •    Storing     : Proses menempatkan informasi yang dikodekan ke dalam penyimpanan   mental yang relatif permanen.
  •   Retrieving : Proses mendapatkan atau mengingat informasi yang telah ditempatkan di dalam penyimpanan jangka pendek atau jangka panjang.
Tiga Jenis Ingatan
1.      Ingatan sensoris : Proses awal yang menerima dan menyimpan informasi lingkungan
dalam bentuk mentah untuk periode waktu yang singkat.
2.      Ingatan jangka pendek : Proses lain yang dapat menampung sejumlah informasi terbatas
hanya untuk waktu yang singkat 2 sampai 30 detik.
3.      Ingatan jangka panjang : Proses menyimpan informasi dalam jangka waktu yang lama.
Sensory Memory
Iconic Memory : Bentuk memori sensoris yang secara otomatis menyimpan informasi visual selama sekitar seperempat detik atau lebih, informasi segera hilang setelah perhatian dialihkan.
Echoic Memory : Bentuk memori sensorik yang memegang informasi pendengaran selama 1 atau 2 detik.
Psikolog George Sperling (1960) mendemonstrasikan eksistensi dari memori sensori dalam serangkaian penelitian yang cemerlang.
Sperling melakukan sebuah eksperimen di mana sebuah suara tinggi,sedang,ataupun rendah diperdengarkan tepat setelah seseorang melihat pola penuh dari huruf tersebut. Kemudian, mereka diminta untuk menyebutkan kembali huruf-huruf di baris teratas jika suara yang keras dibunyikan. Karena suara tersebut diperdengarkan setelah penampakan huruf, maka seseorang harus bergantung pada ingatan mereka untuk menyebutkan baris yang benar.
Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa seseorang telah menyimpan pola yang lengkap di dalam ingatan. Mereka secara akurat mengingat huruf-huruf pada baris yang telah diindikasikan oleh suara tersebut terlepas dari apakah huruf tersebut terletak pada bagian atas, tengah atau bawah. Terlepas dari cepatnya informasi tersebut menghilang, informasi dalam ingatan sensori merupakan representasi akurat dari apa yang telah dilihat oleh seseorang.
Dengan secara bertahap memperpanjang waktu antara presentasi pola visual dan nada, Sperling dapat menentukan dengan tingkat akurasi tertentu panjangnya waktu di mana informasi tersimpan di dalam ingatan sensori. Kemampuan untuk mengingat pola dari baris tertentu ketika diperdengarkan suatu nada menurun secara cepat ketika periode antara pemunculan visual dan pembunyian nada meningkat. Penurunan ini berlanjut hingga periode tersebut mencapai sekitar 1 detik dalam durasi, pada titik di mana baris tidak dapat diingat secara akurat sama sekali. Sperling menyimpulkan bahwa keseluruhan gambaran visual disimpan dalam ingatan sensori selama kurang dari satu detik.
Secara keseluruhan, ingatan sensori bekerja seperti kamera yang menyimpan informasi berupa informasi visual, auditori atau jenis sensori lain untuk waktu yang sangat singkat. Namun sebagaimana hasil tangkapan kamera, segera setelah diambil akan rusak dan digantikan dengan hal yang baru. Kecuali informasi dalam kamera tersebut ditransfer ke beberapa tipe memori yang lain, maka informasi tersebut akan hilang.


Short-Term Memory
Short-term memory mempunyai dua karakteristik:
1.      Durasi terbatas
Maintenance rehearsal : mengacu pada perlakuan sengaja mengulangi atau berlatih sehingga informasi bertahan lebih lama dalam ingatan dengan menggunakan latihan.
2.      Kapasitas terbatas
George Miller (1956), orang pertama yang menemukan bahwa memori jangka pendek dapat menyimpan hanya sekitar tujuh item atau bit, plus atau minus dua.  Sangat mudah untuk mengkonfirmasitemuan  Miller dengan tes rentang memori, yang mengukur jumlah angka yang kita dapat ulang kembali dalam urutan yang benar setelah sidang tunggal.
Salah satu alasan utama informasi hilang dari memori jangka pendek adalah gangguan (Estevez & Calvo, 2000). Hasil gangguan ketika informasi baru memasuki memori jangka pendek dan menimpa atau mendorong keluar informasi yang sudah ada.
Meskipun memori jangka pendek memiliki kapasitas dan durasi terbatas, adalah mungkin untuk meningkatkannya dengan baik. misalnya, saya menggunakan demonstrasi kelas di mana saya menjamin bahwa setiap siswa dapat belajar untuk menghafal daftar 23 digit, dalam urutan yang tepat, hanya dalam 25 detik. Ini demonstrasi ingatan yang mengesankan, yang selalu bekerja, dilakukan dengan mengetahui bagaimana menggunakan sesuatu yang disebut chunking.
Chunking                                                            
Chunking menggabungkan item yang terpisah dari informasi ke unit besar, atau potongan, dan kemudian mengingat potongan informasi dari item individu. Seperti pertama kali diusulkan oleh George Miller (1956), chunking adalah alat mengingat yang kuat yang sangat meningkatkan jumlah informasi yang dapat diandalkan dalam memori jangka pendek.
Fungsi Ingatan Jangka Pendek
Ada tiga hal penting untuk diingat tentang ingatan jangka pendek:
1.  Informasi ditransfer ke ingatan jangka pendek,
2.  Setelah waktu yang singkat, suatu informasi akan hilang kecuali berlatih, dan
3. Beberapa informasi pada akhirnya akan ditransfer dari ingatan jangka pendek ke penyimpanan permanen.
 Attending à Salah satu fungsi ingatan jangka pendek adalah bahwa hal itu memungkinkan kita untuk selektif memperhatikan informasi yang relevan dan mengabaikan segala sesuatu yang lain. 
 Rehearsing (Berlatih) à Fungsi lain dari ingatan jangka pendek adalah bahwa hal itu memungkinkan Anda untuk menyimpan informasi dalam waktu singkat sampai Anda memutuskan apa yang harus dilakukan dengan itu.
jika Anda berlatih informasi dalam memori jangka pendek, Anda meningkatkan kemungkinan menyimpannya.


0 comments:

Post a Comment