surat freud - psikoanalisa

Thursday 14 March 2013

Sebuah surat dari Sigmund Freud kepada seorang ibu yang memiliki anak homoseksual di Amerika sana.




Saya menyimpulkan dari surat anda bahwa putra anda adalah seorang homoseksual. Saya sangat terkejut dengan fakta bahwa anda tidak menyebutkan istilah ini di dalam informasi anda mengenai dirinya. Boleh aku bertanya, mengapa anda menghindarinya? Homoseksualitas pastinya bukanlah sebuah kelebihan, tapi tak ada yang perlu untuk menjadi malu karena hal ini, tidak ada kekurangan, tidak ada rendahan, homoseksual tidak bisa diklasifikasikan sebagai penyakit; kami mempertimbangkannya sebagai sebuah variasi dari fungsi seksual yang dihasilkan oleh semacam perkembangan seksual yang tertahan. Banyak sekali individu yang dihargai dari masa kuno dan modern yang merupakan homoseksual, beberapa adalah yang terhebat di antara mereka semua (Plato, Michaelangelo, Leonardo da Vinci, etc). Sangatlah tidak adil tuk menghukum homoseksualitas sebagai sebuah tindak pidana dan juga kekejian. Jika anda tidak percaya kepada saya, baca saja buku dari Havelock Ellis.

Jika anda bertanya bahwa saya bisa memberikan bantuan, maksud anda mungkin, saya tebak, jika saya bisa menghapus homoseksualitas dan membuat heteroseksualitas yang normal mengambil alih tempatnya. Maka jawabannya adalah, secara umum, kami tak bisa berjanji untuk mencapainya. Di dalam beberapa kasus, kami berhasil membangkitkan sedikit heteroseksualitas yang ada di dalam setiap homoseksual, namun kebanyakan mayoritas kasus tidak berhasil sangatlah tidak mungkin sama sekali. Hal ini menjadi tergantung pada kualitas dan umur dari si individu. Hasil akhir dari perawatan tak bisa diprediksi.

Analisi yang bisa dilakukan untuk putera anda bisa berada di baris yang berbeda. Jika dia tidak berbahagia, neurotik, tercabik-cabik karena konflik, di dalam kehidupan sosialnya, maka analisis bisa membawanya kepada harmoni, kedamaian pikiran, berfungsi sepenuhnya, terlepas apakah ia tetap menjadi homoseksual ataupun berubah. Jika anda telah memastikan bulat-bulat pikiran anda bahwa putera anda harus dianalisa oleh saya (saya tak berharap anda akan membuat keputusan seperti itu!) maka dia harus datang ke Wina, Saya tak berniat meninggalkan tempat ini. Bagaimanapun juga, jangan membiarkan tuk memberikan saya sebuah jawaban.

Salam untuk anda,



Freud

NB : Saya tak mendapatkan kesulitan sama sekali untuk membaca tulisan tangan anda. Saya harap anda tidak menemukan tulisan dan bahasa Inggris saya sebagai lebih sulit.

I gather from your letter that your son is a homosexual. I am most impressed by the fact that you do not mention this term yourself in your information about him. May I question you, why do you avoid it? Homosexuality is assuredly no advantage, but it is nothing to be ashamed of, no vice, no degradation, it cannot be classified as an illness; we consider it to be a variation of the sexual function produced by certain arrest of sexual development. Many highly respectable individuals of ancient and modern times have been homosexuals, several of the greatest among them (Plato, Michelangelo, Leonardo da Vinci, etc.). It is a great injustice to persecute homosexuality as a crime, and cruelty too. If you do not believe me, read the books of Havelock Ellis.

By asking me if I a help, you mean, I suppose, if I can abolish homosexuality and make normal heterosexuality take its place. The answer is, in a general way, we cannot promise to achieve it. In a certain number of cases we succeed in developing the blighted germs of heterosexual tendencies which are present in every homosexual, in the majority of cases it is no more possible. It is a question of the quality and the age of the individual. The result of the treatment cannot be predicted.

What analysis can do for your son runs in a different line. If he is unhappy, neurotic, torn by conflicts, inhibited in his social life, analysis may bring him harmony, peace of mind, full efficiency, whether he remains a homosexual or gets changed. If you make up your mind that he should have analysis with me (I don't expect you will!!) he has to come over to Vienna. I have no intention of leaving here. However, don't neglect to give me your answer.

Sincerely yours with kind wishes,


Freud
P.S. I did not find it difficult to read your handwriting. Hope you will not find my writing and my English a harder task.

0 comments:

Post a Comment